Penyebab Anak Menjadi Penakut

Penyebab Anak Menjadi Penakut – Kita sering melihat sebagian anak kurang bisa berkembang potensinya dikarenakan anak tersebut memilliki rasa takut yang berlebihan. Rasa takut pada anak pada umumnya disebabkan oleh perasaan tidak aman sehingga membutuhkan kehadiran orang lain. Biasanya anak yang memiliki rasa takut yang berlebihan juga memiliki tingkat rendah diri yang tinggi. Hal itu dikarenakan oleh citra diri atau penghargaan terhadap diri sendiri yang rendah. Dengan kepercayaan diri yang rendah maka segala potensi yang dimiliki tidak bisa berkembang dengan maksimal.

Penyebab Umum Anak Menjadi Penakut

Pada umumnya anak menjadi penakut disebabkan oleh antara lain:

  • Sewaktu kecil anak sering ditakut-takuti hal_hal yang kurang masuk akal misalnya: jin, setan, mainan :ular,kecoa,ulat,tokoh-tokoh jahat yang selalu mengancam ketenangan jiwa anak. Hal semacam ini akan tertanam pada bawah sadar anak ,hal ini dikarenakan anak belum memiliki filter pikiran yang kuat sehingga setiap informasi yang masuk ke pikiran akan menjadi program utama pikiran dan disimpan permanen.
  • Anak sering dimarahi oleh orang tua, guru, oleh orang dewasa dengan kata-kata kasar,sehingga menyebabkan mental anak jatuh dan merasa diri tidak berharga. Oleh karena itu kita mesti berhati-hati dalam mengeluarkan kata-kata kepada anak. Orang dewasa memiliki otoritas yang tinggi terhadap anak-anak sehingga perkataan orang dewasa akan menjadi suatu keyakinan kebenaran bagi anak.
  • Anak menjadi penakut juga dapat disebabkan oleh cerita atau bacaan atau media televisi yang sifatnya menakutkan misalnya cerita tentang vampire, cerita tentang hantu pemakan anak, cerita tentang penculikan anak, penyiksaan anak dll. Hal ini sangat mempengaruhi kejiwaan anak karena cerita tersebut akan disimpan secara permanen di pikiran anak.
  • Anak menjadi penakut juga bisa disebabkan oleh kurangnya penghargaan yang didapatkan misalnya: pujian bila anak melakukan hal-hal baik atau berprestasi, mendapatkan hadiah dari orang tua. Saat anak mendapatkan pujian maka harga dirinya akan naik karena dia menemukan kekuatan yang bisa dibanggakan kepada orang lain.
  • Anak yang terlalu dimanjakan oleh orang tuanya juga dapat menyebabkan anak kurang mandiri , ia hanya punya keberanian bila dekat dengan orang tuanya. Memberikan perhatian kepada anak sangat baik tetapi bila berlebihan akan menyebabkan anak menjadi ketergantungan dan menyebabkan anak kurang mandiri. Untuk itu bagi orang tua sebaiknya pandai-pandai untuk memberikan perhatian kepada anak sewajarnya.
  • Anak yang terlalu banyak larangan oleh orang tuanya juga dapat menyebabkan anak menjadi penakut. Anak selalu dikelilingi oleh rasa takut melakukan sesuatu karena takut mendapatkan hukuman bila melakukan kesalahan. Bila telah dewasa ada kemungkinan besar anak tersebut akan kesulitan mengambil keputusan atau memutuskan sesuatu.
  • Kurangnya sosialisasi atau pergaulan dengan anak-anak yang lain juga dapat menyebabkan anak menjadi penakut karena melihat anak lain sebagai orang asing dan merasa terancam. Banyak anak yang tidak mau berbaur dengan anak-anak lain dan menangis teriak-teriak dan selalu memegang tangan ibunya. Untuk itu akan lebih baik bila sejak dini anak sering diajak bermain dengan teman-teman yang seusianya.
  • Anak sering dikagetkan oleh teriakan atau suara-suara keras, hal ini sangat berbahaya bagi anak. Anak menjadi sensitif dan terlalu waspada dan menyebabkan anak menjadi penakut. Maka berhati-hatilah dalam bermain dengan anak ,hindari permainan yang mengagetkan mental anak.
Penyebab Anak Menjadi Penakut
Penyebab Anak Menjadi Penakut

Anak adalah asset yang paling berharga bagi orang tua, kita semua tentu setuju dengan kalimat tersebut. Semua jerih payah orang tua hamper seluruhnya adalah untuk menyiapkan masa depan anak-anak kita. Anak akan berkembang dengan baik apabila kita dapat memberikan perlakuan yang tepat dan benar kepada anak-anak kita.  Ada baiknya kita sebagai orang dewasa mengetahui bagaimana cara memberikan perlakuan yang tepat pada anak-anak kita.

Solusi Agar Anak Tidak Penakut

Teknologi pikiran sangat tepat anda pelajari karena didalamnya terkandung berbagai macam strategi memprogram dan bagaimana memperlakukan pikiran dengan benar.Hipnoterapi dan NLP adalah ilmu teknologi pikiran yang menjadi perhatian kami. Kami mengadakan training Hipnoterapi dan NLP setiap hari Sabtu dan Minggu , Anda dapat melihat jadwal di website kami:www.kampusnlp.com. Bila Anda tertarik untuk mengikuti Training kami silahkan hubungi kami ICT, wa: 081802115340.

Leave a Comment