Menjadi Bahagia Itu Mudah.

Banyak manusia didunia ini menganggap bahwa dirinya adalah orang yang diciptakan oleh Tuhan dalam keadaan paling menderita. Berbagai macam alasannya misalnya; ada yang merasa hidupnya tidak mempunyai harta dan menganggap dirinya sangat miskin. Miskin dan menderita menjadi suatu keyakinan yang tertanam kuat dalam pikirannya dan menjadi perilaku sehari-hari. Setiap hari yang dilakukan hanyalah meratapi nasibnya. Dilihat dari tampangnya kelihatan pucat, kucel, dan benar-benar mencerminkan kesusahan dan kemiskinan dan penderitaan dan akhirnya nyatalah keyakinannya bahwa hidup memang penuh penderitaan dan kesusahan.

Ada cerita lain lagi, seseorang merasa hidupnya kelam karena selalu mengenang kejadian buruk masa lalu yang dengan setia menemaninya. Gambaran kelam masa lalu menjadi bagian terbesar dalam setiap pikirannya. Kejadian sudah lewat dan tinggal kenangan tetapi seolah-olah masih terjadi pada sekarang dan terjadi setiap saat. Dalam pikiran yang seperti ini orang tersebut hanya memberikan sedikit tempat akan adanya dunia luar yang lebih baik. Tidak aneh bahwa segala perilaku dan sumua tindakannya bertumpu pada pandangan masa lalu yang negatif. Setiap penawaran ide yang baik dan postif dari luar selalu dicurigai sebagai sebuah ancaman. Dalam pemikiran dan keyakinan yang seperti ini akan  semakin memperkuat bahwa hidupnya memang kelam baik dimasa lalu maupun dimasa yang akan datang.

Lain lagi pandangan, ada orang yang selalu memandang sesuatu dimasa depan penuh dengan kesulitan, ketidakmampuan, rasa kalah, kesulitan yang melebihi kekuatannya. Model orang seperti ini selalu membayangkan sesuatu yang belum terjadi menjadi negatif. Walalupun belum terjadi namun pikiran sudah merasakan dan mengalami hal buruk akan masa depannnya sebagai efeknya maka tidak saja pikiran yang sakit tetapi kondisi fisikpun mengalami gangguan. Dalam NLP dijelaskan bahwa” Tubuh dan pikiran adalah satu sistem dan saling mempengaruhi”

Dalam hal ini suasana hati dan pikiran lebih banyak ditentukan oleh lingkungan / orang lain. Hal ini akan menyulitkan seseorang untuk mengendalikan dirinya sendiri. Alangkah celakanya bila pikiran dan kondisi  mental kita dikendalikan oleh dunia luar. Mendengar perkataan orang lain lebih banyak tersinggung dan seakan-akan menyalahkannya. Pada akhirnya seeorang yang memiliki pandangan seperti ini akan menyingkir dari dunia kehidupan dan lebih senang mengasingkan diri dan meratapi kekurangan dirinya.

Pada dasarnya semua manusia sudah memiliki sumber daya yang dimiliki untuk mencapai kesuksesan. Kalaupun seseorang saat ini mengalami kesedihan pada dimasa lalu pernah mengalami kegembiraan. Saat seseorang sedang mengalami kesedihan sebenarnya dapat dengan mudah menetralkan diri dari kesedihan dengan mengakses kegembiraan yang pernah dia alami dan itu sangat mudah dan gratis..ya gratis kerana itu milik kita sendiri. Kita bisa menggunakan kapan saja dan tidak ada orang yang melarang.

Demikian juga saat seseorang sedang mengalami ketakutan, kalau kita telusuri pasti seseorang pdi masa lalu pernah mengalami yang namanya keberanian. Nah inilah sumber daya yang kita miliki juga dan lebih banyak dilupakan orang dan tidak mengetahui cara mengguankannya. Kalau kita ingat-ingat sejak kecil manusia sudah memiliki modal keberanian dan kesuksesan dan keuletan yang luar biasa. Kita mungkin lupa bagaimana seorang anak kecil yang dengan penuh semangat belajar berjalan, belajar berbicara, belajar menulis, belajar naik sepeda. Semuanya dilakukan dengan penuh semangat, keberanian, pantang menyerah , sampai akhirnya berhasil. Tak terhitung anak kecil yang belajar berjalan terjatuh, tetapi ia selalu bangun dan belajar lagi. Saat tubuh sudah lelah mereka tertidur dan saat bangun mereka akan belajar lagi dan tak ada kata menyerah sampai semua anak berhasil berjalan dan berlari dengan percaya diri.

Seperti judul diatas bahwa untuk menjadi bagaia sebenarnya sangatlah sederhana. Saat kita mau mengingat kebahagiaan di masa lalu dan optimis di masa depan maka kebahagiaan akan merasuki diri kita. Saat pikiran kita memikirkan hal yang lucu maka wajah kita akan menunjukkan ekspresi tertawa, saat kita memikirkan hal-hal yang menyenangkan maka kita akan bahagia dan tubuh akan mengikuti pikiran kita. Kalau tidak percaya silahkan:” Bayangkan bila anda mendapatkan hadiah uang 1 millyar ,apa yang anda rasakan?” Mungkin anda sudah terpikir untuk beli mobil, atau rumah atau berwisata keluar negeri atau barangkali mau traktir keluarga teman makan-makan dan lain-lain.

Lebih baik lagi bila anda memikirkan masa depan anda yang sangat cerah, penuh optimisme, kebahagiaan. Saat kita memikirkan hal yang optimis dan bahagia maka tubuh kita akan terasa nyaman, enak sehingga wajah dan ekspresi tubuh akan positif. Apabila kita memiliki penampilan yang enak dilihat orang lain, maka hubungan antar manusia menjadi lancar selanjutnya semuanya akan dibuat mudah dalam hal apapun.

Untuk menjadi bahagia dan optimis kita harus pinter memaknai setiap kejadian dengan kaca matanya terang, jernih. Kitalah yang harus menjadi tuan rumah atas diri kita sendiri, dengan demikian kita sendirilah yang menentukan kita mau bahagia atau tidak bahagia. Bagaimana seandainya anda selalu dalam keadaan bahagia, termotivasi, antusias, optimis ? tentu menarik bukan ?

Banyak teknik terapi dalam nlp : Achor, Submodality,sixstep reframing,swiss Pattern dll dan semua itu sangat mudah dipelajari dan tentu saja dalam klas training.

Hypnoterapy dan NLP adalah ilmu yang mendalami tentang hal-hal tersebut diatas. Sangat penting bagi siapa saja yang hidupnya ingin lebih sukses, berdaya guna,lebih bahagia. Kedua ilmu diatas sangat tepat dipelajari oleh; karyawan, guru, dosen, orang tua, manager, pengusaha, mahasiswa dan semua orang.

Hubungi kami bila anda tertarik mengikuti pelatihan  Hypnotherapy dan NLP :

IMT , wa :081802115340